Sabtu, 14 November 2015

PROSES PERNIKAHAN ADAT JAWA

A.    Lamaran

Lamaran adalah tahapan pertama yang harus dilalui dalam suatu pernikahan yang umumnya dilakukan oleh kaum pria untuk menyampaikan niat dan kesungguhannya untuk menikah serta meminta restu dan persetujuan dari orang tua wanita yang akan dinikahi.

Disini saya membagi dalam 3 kategori lamaran:

1. Lamaran Informal
Dalam hal ini calon mempelai pria datang ke rumah orang tua calon mempelai wanita sendiri dan menyatakan keseriusan, kesiapan ( ekonomi ), niat dan tekad yang tulus untuk menikahi calon mempelai wanita dengan kesungguhan cinta dan agama. Disini Calon mempelai Pria kemudian membicarakan dan meminta konfirmasi waktu (jam, hari dan tanggal) kepada orang tua calon mempelai wanita untuk melaksanakan Lamaran Semi Formal selanjutnya.

2. Lamaran Semi Formal ( Tembungan )
Menggelar acara ini Calon mempelai Pria datang ( sesuai konfirmasi waktu yang telah ditentukan sebelumnya ) dengan didampingi oleh kedua orang tua, kerabat dan saudara-saudara ( dalam hal ini, bisa hanya saudara / kakak laki laki/ orang yang dituakan dalam adat jika kedua orang tua sudah meninggal). Kemudian Orangtua dari Calon mempelai Pria menanyakan apakah putri tersebut ( Calon Mempelai Wanita) belum mempunyai/ tidak mempunyai suami untuk dijadikan istri dan menantunya kepada Orangtua Calon mempelai Wanita. Setelah mendapat jawaban dari Orang tua Calon mempelai wanita bahwa Putri tersebut belum/tidak mempunyai suami kemudian ditentukan waktu ( jam, hari dan tanggal ) Pernikahan. Biasanya Waktu pernikahan ( Hari Pernikahan ) dihitung dan ditentukan selanjutnya, supaya tidak terjadi salah paham antara kedua belah pihak. Adapula, penentuan Hari Pernikahan digelar lagi Acara Balasan Lamaran yaitu Orangtua mempelai Wanita datang bersilaturahmi ke rumah Orangtua Pria bersama kerabat dan saudara-saudaranya untuk memberitahukan jawaban dan tanggal pernikahan. Dalam menggelar acara - acara tersebut biasanya ada perjamuan makan ( kalo jaman dulu tidak ada makan besar , hanya makanan kecil sebagai camilan karena lamaran belum tentu diterima). Ada juga Lamaran semi Formal ini diadakan Tukar Cincin (Tunangan), yang berarti pengikatan hubungan antara kedua Calon mempelai sebelum melaksanakan Prosesi Pernikahan supaya tidak ada Pria lain yang datang melamar. Acara Lamaran dan Acara Balasan Lamaran biasanya membawa oleh-oleh berupa ; beras ketan / lemper / wajik / jenang sebagai simbol/lambang yang harapannya agar kedua Pihak lengket, lauk pauk, gula , teh, kopi. Ada juga sekarang yang bawa oleh-oleh roti dan juga buah-buahan. Dalam Acara lamaran ini biasanya tidak diikuti oleh orang banyak, hanya keluarga inti dan kerabat dekat saja.

3. Lamaran Formal ( Peningsetan )
Setelah terjadi kesepakatan Hari Pernikahan, digelar acara Lamaran Formal yang diadakan malam menjelang pernikahan ( Ijab qobul ) atau beberapa saat sebelum acara pernikahan ( Ijab Qobul ) dimulai. Dalam menggelar acara Lamaran ini biasanya disaksikan oleh orang tua, aparat desa setempat, kerabat, saudara-saudara dan tetangga dari kedua belah pihak. Prosesi Lamaran Formal ini dari Pihak Calon Mempelai Pria membawa barang bawaan yang biasa kita sebut hantaran atau seserahan sebagai tanda keseriusan untuk membina rumah tangga kepada Pihak Calon Mempelai Wanita. Hantaran atau seserahan atau Peningset (Jawa ) adalah sejumlah barang kebutuhan Mempelai Wanita ( atau apa yang diminta Mempelai Wanita ) yang menunjukan kemampuan Pria untuk membahagiakan Calon mempelai wanita dan bisa juga sebagai paket syarat pernikahan . Masing-masing barang hantaran merupakan simbol, dan ada makna / arti tersendiri menurut adat istiadat masing - masing daerah. Jumlah barang Hantaran tidak ditentukan tergantung kemampuan Pria. Kemasan barang-barang hantaran sangat beragam yang penting rapi, bagus dan menarik, bahkan ada pula yang unik. Dalam hantaran ini jika ada Pelangkah (Sesuatu atau barang yang diminta oleh kakak calon mempelai wanita/pria yang belum menikah ) harus dibawa serta, sebagai simbol / lambang menghormati kakak, mendahului kakak, dan kakak tersebut menyetujui.

Adapun pernik-pernik hantaran / Peningset Adat Jawa Tengah biasanya adalah sebagai berikut ;
  1. Cincin kawin
  2. Seperangkat Alat Sholat ( Islam )
  3. Sejumlah Uang
  4. Pakaian dan sepatu/ sandal
  5. Bahan kebaya, tas pesta dan sepatu pesta
  6. Kain ( adat Jawa : jarik ) untuk mempelai wanita
  7. Kosmetik
  8. Seperangkat perlengkapan mandi
  9. Buah-buahan
10. Sanggan ( Pisang Raja )
11. Roti
12. Makanan Khas ( Lemper, Jenang dll )
13. Ayam jago
14. Gula dan teh
15. Beras

- Jika nenek / kakek masih ada diwajibkan bawa Kain ( jarik ) kalo dalam bahasa Jawa disebut Pesing.
- Jika ada kakak yang belum menikah dibawakan juga Pelangkah- nya.

Semua ini tergantung kemampuan Pria, tidak membawapun tidak apa-apa , asal Pihak wanita menerima apa adanya, semua pasti lancar, asal yakin dan selalu berdoa pada Tuhan... Tapi kalo gak bawa apa - apa ya... kebangetan he..he..he..
Jika Acara lamaran ini sudah selesai,  maka siap untuk menggelar acara selanjutnya, yakni ijab Qobul dan Pesta Pernikahan. Semoga Sukses.

B.     SIRAMAN

Siraman dari asal kata siram ,artinya mandi. Sehari sebelum pernikahan, kedua calon penganten disucikan dengan cara dimandikan yang disebut Upacara Siraman. Calon penganten putri dimandikan dirumah orang tuanya, demikian juga calon mempelai pria juga dimandikan dirumah orang tuanya.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk Siraman :
1.      Persiapan tempat untuk siraman, apakah dilakukan dikamar mandi atau dihalaman rumah belakang atau samping.
2.      Daftar orang-orang yang akan  ikut memandikan. Sesuai tradisi selain kedua orang tua temanten, eyang temanten , beberapa pinisepuh .  Yang diundang untuk ikut memandikan  adalah mereka yang sudah sepuh, sebaiknya sudah punya cucu dan punya reputasi kehidupan yang baik.
3.      Sejumlah barang yang diperlukan  seperti : tempat air, gayung, kursi, kembang setaman, kain, handuk, kendi dsb.
4.      Sesaji untuk siraman, ada lebih dari sepuluh macam, diantaranya adalah seekor ayam jago.
5.      Pihak keluarga penganten putri mengirimkankan sebaskom air kepada pihak keluarga penganten pria. Air itu disebut air suci perwitosari artinya sari kehidupan, yaitu air yang dicampur dengan beberapa macam bunga,yang ditaruh dalam wadah yang bagus , untuk dicampurkan  dengan air yang untuk memandikan penganten pria.                                      
6.      Pihak terakhir yang memandikan penganten adalah pemaes, yang menyirami calon penganten dangan air dari sebuah kendi. Ketika kendi telah kosong, pemaes atau seorang pinisepuh yang ditunjuk, membanting kendi dilantai sambil berkata : Wis pecah pamore.artinya calon penganten yang cantik atau gagah sekarang sudah siap untuk kawin.              
7.      Upacara siraman selesai dan calon penganten  dengan memakai kain batik motif grompol dan ditutupi tubuhnya dengan kain batik motif nagasari, dituntun kembali keruang pelaminan.Calon temanten putri akan dikerik oleh pemaes.

C.    TEMU MANTEN

Secara tradisional Upacara Panggih atau Temu Penganten dilaksanakan dirumah orang tua penganten putri.

Pada saat yang telah ditentukan, penganten pria diantar oleh saudara-saudaranya  kecuali kedua orang tuanya yang tidak boleh hadir dalam upacara ini, tiba didepan rumah pengantin putri dan berhenti didepan pintu rumah. Sementara itu, pengantin wanita  dengan dikawal saudara-saudaranya dan diikuti kedua orang tuanya, menyongsong kedatangan rombongan pengantin pria dan berhenti dipintu rumah depan
Didepan pengantin wanita, dua gadis kecil yang disebut patah  membawa kipas. Dua anak laki-laki muda atau dua orang ibu, masing-masing membawa sebuah rangkaian bunga khusus yang namanya kembar mayang.Seorang ibu pengiring pengantin pria maju dan memberikan Sanggan kepada ibu pengantin putri sebagai tanda penghormatan untuk penyelenggaraan upacara perkawinan. Sanggan itu berupa buah pisang yang dibungkus rapi dengan daun pisang dan ditaruh diatas nampan.

Pada waktu upacara panggih, kembar mayang dibawa keluar rumah dan dibuang diperempatan jalan dekat rumah atau didekat berlangsungnya upacara perkawinan, maksudnya supaya upacara  berjalan selamat dan tidak ada gangguan apapun dan dari pihak manapun.


Balangan suruh

Kedua penganten bertemu dan berhadapan langsung pada jarak sekitar dua atau tiga meter, keduanya berhenti dan dengan sigap saling melempar ikatan daun sirih yang diisi dengan kapur sirih dan diikat dengan benang. Ini yang disebut ritual balangan suruh.

Kedua penganten dengan sungguh-sungguh saling melempar  sambil tersenyum, diiringi  kegembiraan semua pihak yang menyaksikan. Menurut kepercayaan kuno, daun sirih punya daya  untuk mengusir roh jahat. Sehingga dengan saling melempar daun sirih, kedua pengantin adalah benar-benar pengantin sejati, bukan palsu.

D.    MBUBHAK KAWAH

Ayah pengantin putri, sesudah upacara Panggih, minum rujak degan/ kelapa muda didepan krobongan. Istrinya bertanya :  Bagaimana Pak rasanya? Dijawab :  Wah segar sekali, semoga orang serumah juga segar. Lalu istrinya ikut mencicipi minuman tersebut sedikit dari gelas yang sama, diikuti anak menantu dan terakhir pengantin wanita. Ini merupakan perlambang permohonan supaya pengantin segera dikaruniai keturunan.
E.     TUMPLAK PUNJEN
Ritual ini dilakukan oleh orang tua yang mengawinkan putrinya untuk terakhir kali. Tumplak artinya menuang atau memberikan semua, punjen adalah harta orang tua yang telah dikumpulkan sejak mereka berumah tangga.
Dalam ritual ini, orang tua yang berbahagia, didepan krobongan, memberikan miliknya( punjen) kepada semua anak-anak dan keturunannya. Secara simbolis kepada masing-masing diberikan sebuah bungkusan kecil yang berisi bumbu-bumbu,nasi kuning,uang logam dari emas, perunggu dan tembaga dll.
Dengan mengadakan tumplak punjen, orang tua ingin memberi teladan kepada anak keturunannya,bahwa mereka sudah purna tugas dan  supaya generasi penerus selalu menyukuri karunia Tuhan dan mampu melaksanakan tugas hidupnya dengan baik dan benar.

F.     PITON-PITON / MITONI / TINGKEPAN

Tingkepan atau disebut mitoni adalah selamatan untuk usia kandungan tujuh bulan. Hari dan tanggal yang dipilih untuk upacara Tingkepan adalah hari Rabu atau Sabtu, tanggal ganjil sebelum tanggal 15. yang perlu disiapkan dalam upacara Tingkepan adalah:

Racikan air di pengaron atau jambangan kecil. Air tersebut diambil dari tujuh sumber mata air dari tempat-tempat keramat, satu diantaranya adalah sumber mata-air setempat. Kemudian, tujuh sumber mata air yang sudah dijadikan satu tersebut diberi bunga mawar, bunga melati, bunga kanthil dan bunga kenanga
Cidhuk atau gayung yang dipakai untuk menyiram dibuat dari tempurung kelapa yang masih ada kelapanya
Tujuh macam konyoh (penggosok badan dari tepung beras dan kencur dicampur mangir sejenis lulur, daun pandan wangi dan daun kemuning) yang masing- masing diberi warna yaitu: merah, hitam, putih, kuning (makna nafsu manusia), merah muda (campuran dari warna merah dan putih. Warna merah adalah symbol dari sel telur Ibu dan warna putih menyimbolkan sperma bapak), biru (melambangkan langit atau awang-uwung), dan ungu (kehidupan sempurna).
Dingklik di beri alas klasa bangka (tikar kecil ukuran 40 x 40 cm yang dibuat dari anyaman daun mendhong) Dedauan yang terdiri dari : Daun apa-apa, adalah merupakan doa harapan agar tidak terjadi apa-apa yang mencelakakan. Daun kara, agar terhindar dari sakara- kara segala mara bahaya. Daun kluwih, agar linuwih, mempunyai kemampuan lebih, daun dadapsrep, agar sejuk damai, dan daun alang-alang, agar tidak mendapatkan halangan satupun. Beberapa jenis kain ukuran kira-kira 40 cm persegi yaitu: letrek (kain kuning) jingga (kain merah), bango-tulak, (kain putih tepinnya biru) sindur (kain putih tepinya merah), sembagi (kain bermotif bunga), slendhang lurik puluh watu (slendhang lorek putih hitam) yuyu sekandang (kain lurik tenun berwarna coklat ada garis-garis benang kuning) dan mori putih.

G.    TEDHAK SITEN

Secara etimologis, tedhak siten berasal dari kata ‘tedhak’ dan ‘siten’. Tedak berarti kaki atau langkah, sedangkan siten berasal dari kata dasar siti yang artinya tanah. Jadi tedhak siten adalah upacara adat yang diperuntukkan bagi bayi yang berusia 7 lapan (7 x 35 hari) atau 245 hari. Pada usia itu, si anak mulai menapakkan kakinya untuk pertama kali di tanah. Oleh orang tuanya diajari atau dituntun menggunakan kakinya untuk belajar berjalan. Ritual ini menggambarkan kesiapan seorang anak untuk menghadapi kehidupannya.
Seperti dalam kepercayaan orang Jawa, manusia dalam hidupnya dipengaruhi oleh empat elemen, yaitu : bumi, angina, api dan air. Maka untk menghormati bumi diadakanlah upacara tedhak siten ini. Harapannya agar si anak selalu sehat, selamat dan sejahtera dalam menapaki jalan kehidupannya.

Yang paling baik pelaksanaannya adalah bertepatan dengan weton (hari lahir) si anak. Weton adalah kombinasi antara nama hari umum dengan nama hari Jawa. Misalnya Setu Kliwon, Rebo Legi, Minggu Pahing dan sebagainya. Biasanya, penyelenggaraan upacara ini dilakukan pada pagi hari di halaman depan rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar